Rabu, 06 Maret 2013

Adword, pengertian manfaat dan langkah pembuatannya


Pengertian dan Manfaat Adword
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini hampir bisa dikatakan pengguna internet didunia sebesar 600 juta orang dan mengapa hal ini kita tidak manfaatkan untuk mendatangkan keuntungan bagi kita, untuk itu google menyediakan layanan iklan ini atau Google Adwords untuk membantu para pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya.
Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai sarana beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.
Google AdWords mempunyai dua cara beriklan, yaitu:
1.     Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, dimana para pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut
2.     Sistem PPC atau Pay Per Click, dimana para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang iklannya.
Strategi Google AdWords adalah dengan menargetkan Kata Kunci atau keyword pencarian. Jadi kita bisa menargetkan iklan kita keluar pada kata kunci tertentu. Sebagai contoh apabila seseorang ingin mengiklankan mengenai rental mobil, maka dia bisa menargetkan keyword "sewa mobil" pada Google AdWords dan kemudian iklannya akan muncul pada hasil pencarian ketika orang memasukkan keyword "sewa mobil". [1].
Platform Google Adwords terbagi 2, yaitu :
1.     Google Search, dimana iklan kita muncul pada mesin pencarian Google. Platform search ini berdasarkan text dan keyword.
2.     Google Display Network, dimana iklan kita akan muncul pada situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google Display Network. Yaitu situs-situs yang memasang Google Adsense pada situsnya. Platform Display Network ini berdasarkan text, image, flash maupun video.
Google juga menyediakan alat (tool) Keyword Tool untuk melihat data mengenai jumlah pencarian dan tingkat kompetisi pemakaian suatu keyword untuk beriklan di AdWords. Selain itu dengan menggunakan Google Insight dan Google Trends kita juga dapat mengetahui trend keywords yang sedang banyak dicari oleh suatu masyarakat sehingga kita bisa menargetkan campaign iklan kita melalui keywords tersebut sesuai dengan tren yang berlaku saat ini. Situs resmi AdWords beralamat di http://adwords.google.com.
Namun tidak semua yang memasang iklan di Google memiliki kemampuan ataupun waktu untuk mengelola kampanye iklan secara efisien karena sangat banyak sistem pengaturan atau settings yang dapat mempengaruhi efektivitas kampanye iklan mereka. Masalah tersebut dapat diatasi oleh agen Adwords yang mempekerjakan seorang Adwords Qualified Individual yang mampu mengoptimalkan iklan agar tidak ceroboh dan tanpa disadari membuang-buang anggaran budget Adwords-nya. Golden e-Marketing adalah salah contoh agen Adwords di Indonesia.
Dengan Google Adwords si pengiklan dapat membuat iklan sendiri serta dapat memilih kata kunci yang sesuai dengan iklan yang ditawarkan. membuat iklan di google Anda dapat menentukan iklan yang sesuai dengan badget Anda sendiri, hal ini bisa dimanfaatkan bagi para pelaku bisnis yang berskala kecil atau mengenah.

Membuat akun AdWords

Anda dapat membuat akun AdWords baru kapan saja dengan mengunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com/?hl=id

Jika Anda sudah menggunakan produk Google yang lain

Jika Anda sudah memiliki Akun Google (dengan kata lain, jika Anda menggunakan produk Google yang lain, seperti Gmail), Anda dapat menggunakan alamat email tersebut beserta sandinya untuk masuk:
1.    Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com/?hl=id
2.    Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google Anda atau nama pengguna Gmail Anda.
3.    Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda. Karena kami menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda pilih, Anda tidak dapat mengubah zona waktu setelah penyiapan ini.
4.    Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini.
5.   Klik Lanjutkan.
6.   Cari email verifikasi di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
7.   Klik tautan verifikasi di email untuk mengaktifkan akun Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar