Pengertian dan Manfaat Adword
Seperti yang sudah kita ketahui bahwa saat ini hampir bisa
dikatakan pengguna internet didunia sebesar 600 juta orang dan mengapa hal ini
kita tidak manfaatkan untuk mendatangkan keuntungan bagi kita, untuk itu google
menyediakan layanan iklan ini atau Google
Adwords untuk membantu para pelaku bisnis dalam
mengembangkan usahanya.
Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat
oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber
pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah
strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google
sebagai sarana beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.
Google
AdWords mempunyai
dua cara beriklan, yaitu:
1.
Sistem PPM atau Pay Per Million Impressions, dimana para
pengiklan membayar produk yang diiklankan melalui Google berdasarkan jumlah per
seribu impressions atau tayang nya iklan tersebut
2.
Sistem PPC atau Pay Per Click, dimana
para pengiklan membayar iklan berdasarkan jumlah klik yang didapt dari iklan
tersebut. Jadi apabila iklan tersebut tampil di mesin pencarian Google namun
tidak ada yang melakukan klik, maka pengiklan tidak akan membayar biaya tayang
iklannya.
Platform
Google Adwords terbagi 2, yaitu :
1.
Google Search, dimana iklan kita muncul pada mesin pencarian
Google. Platform search ini berdasarkan text dan keyword.
2.
Google Display Network, dimana iklan kita akan muncul pada
situs-situs yang termasuk ke dalam jaringan Google Display Network. Yaitu
situs-situs yang memasang Google Adsense pada situsnya. Platform Display Network ini
berdasarkan text, image, flash maupun video.
Google
juga menyediakan alat (tool) Keyword Tool untuk melihat data mengenai jumlah
pencarian dan tingkat kompetisi pemakaian suatu keyword untuk beriklan di
AdWords. Selain itu dengan menggunakan Google Insight dan Google Trends kita juga dapat mengetahui trend keywords
yang sedang banyak dicari oleh suatu masyarakat sehingga kita bisa menargetkan
campaign iklan kita melalui keywords tersebut sesuai dengan tren yang berlaku
saat ini. Situs resmi
AdWords beralamat di http://adwords.google.com.
Namun
tidak semua yang memasang iklan di Google memiliki kemampuan ataupun waktu
untuk mengelola kampanye iklan secara efisien karena sangat banyak sistem
pengaturan atau settings yang
dapat mempengaruhi efektivitas kampanye iklan mereka. Masalah tersebut dapat
diatasi oleh agen Adwords yang mempekerjakan seorang Adwords Qualified Individual yang mampu mengoptimalkan iklan agar tidak
ceroboh dan tanpa disadari membuang-buang anggaran budget Adwords-nya. Golden e-Marketing adalah salah contoh agen Adwords di
Indonesia.
Dengan Google Adwords si pengiklan dapat membuat iklan
sendiri serta dapat memilih kata kunci yang sesuai dengan iklan yang
ditawarkan. membuat iklan di google Anda dapat menentukan iklan yang sesuai
dengan badget Anda sendiri, hal ini bisa dimanfaatkan bagi para pelaku bisnis
yang berskala kecil atau mengenah.
Membuat akun AdWords
Anda dapat membuat akun AdWords baru kapan saja dengan
mengunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com/?hl=id
Jika
Anda sudah menggunakan produk Google yang lain
Jika Anda sudah memiliki Akun Google (dengan
kata lain, jika Anda menggunakan produk Google yang lain, seperti Gmail), Anda
dapat menggunakan alamat email tersebut beserta sandinya untuk masuk:
1.
Kunjungi beranda AdWords di https://adwords.google.com/?hl=id
2.
Masuklah dengan memasukkan sandi dan alamat email Akun Google
Anda atau nama pengguna Gmail Anda.
3.
Pilih negara dan zona waktu yang Anda inginkan untuk akun Anda.
Karena kami menetapkan penagihan dan statistik berdasarkan zona waktu yang Anda
pilih, Anda tidak dapat mengubah zona waktu setelah penyiapan ini.
4.
Pilih mata uang yang ingin Anda gunakan untuk akun. Tagihan Anda akan
menggunakan mata uang ini dan ini juga akan digunakan pada laporan kinerja
Anda. Anda tidak dapat mengubah mata uang setelah penyiapan ini.
5. Klik Lanjutkan.
6. Cari email verifikasi
di alamat email yang baru saja Anda gunakan untuk mendaftar ke AdWords.
7. Klik tautan verifikasi
di email untuk mengaktifkan akun Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar