Rabu, 27 Februari 2013

Menggunakan Webmaster Google, Bing dan langkah-langkah SEO


Menggunakan Webmaster Google dan Bing
Ketika kita mendaftarkan blog ke Webmaster Google,Bing,dan lainnya. Tentu membuat sitemap adalah hal yang harus diperhatikan. Karena pada saat Anda ingin mengindex tiap halaman di blog Anda, tentu sitemap lah yang akan menghubungkan blog Anda ke beberapa search engine tersebut. Untuk itu, yuk kita ikuti panduan mengenai “Cara Membuat Sitemap di Google,Bing Webmaster Tools pada Blog”.
sitemap adalah sebuah alat atau tools yang digunakan oleh para Webmaster dari berbagai search engine agar mempermudah dalam pengenalan dan penjelajahan peta situs dari sebuah web/blog. Oleh karena itu, sitemap ini sangat penting agar searh engine seperti Google dan Bing dapat dengan cepat membaca keseluruhan isi dari semua halaman blog kita.
Langkah-langkah mengunkan web master :
1.      Kirimkan situs Anda ke Bing/Submit your site to Bing, melalui Webmaster Tool Sign In.
2.      Masukkan alamat situs, klik Add Site, ketik URL blog. Klik Submit.
3.      Untuk Verifikasi kepemilikan diperlukan untuk memastikan bahwa pemilik yang sah hanya diberikan informasi tentang situs atau blog Anda, pilih Option 2 : Copy and paste a tag in your default webpage, agar mudah dalam mengedit HTML.
4.      Sebelum Verivy diklik, Anda pergi terlebih dahulu ke Edit Template HTML Blogger, selanjutnya copy code seperti (<meta name=”msvalidate.01”content=”2C307460F5612739CAD1D86AC7EF559” />. Paste code tersebut, sebelumnya cari code <head> agar mudah tekan Ctrl+F, lihat contoh code HTML dalam kotak merah, tepat di bawah code <head>, klik SAVE TEMPALTE.


Tahapan-tahapan SEO (Search Engine Optimization)

4 langkah dasar sebagai tahap-tahap menerapkan tindakan SEO yang harus di mulai:

1.      Memiliki pengertian dasar yang baik tentang apa itu SEO , karena ini nanti-nya akan menjadi modal/basic pengetahuan kita untuk bekembang dan menciptakan berbagai kreativitas untuk memaksimalkan teknik SEO kita.

2.      Mengarahkan Web/Blog kita pada kriteria yang di sukai google dan berinteraksilah sedekat mungkin dengan google dari menggunakan fasilitas-fasilitas google misalnya, google readers... di bawah ini penerjemaahan saya dari kriteriakriteria web yang di rekomendasikan google berdasar yang saya baca-baca di dan saya ambil point-point inti-nya atau point-point terpenting-nya menurut kesimpulan dan analisa saya:
·         Isi konten memiliki fokus tema yang jelas dan tidak keluar dari TITILE, DESKRIPSI, KEYWORD , alias yang di sukai adalah , antara konten, title,deskripsi, keyword nyambung kaya rantai , sudah banyak kasus blog yang di hapus dari indeks google karena memakai keyword tidak sesuai konten.
·         Bila mau menjelaskan sesuatu dalam artikel gunakan teks, bila terpaksa pakai gambar jangan lupa beri title ,karena crawler google kan cuma bisa membaca teks bukan gambar , namanya juga mesin kalau saya lihat gambar si cantik bisa langsung membuat deskripsi.
·         Selalu memeriksa kode-kode html/css/php jika ada yang salah , misalnya bagian dari kode link yang terhapus tidak sengaja. meski ini dari sudut pandang manusia sepele tapi bisa serius menurut crawler google, bisa di artikan web yang sedang error secara keseluruhan, karena dia mesin yang bekerja dengan membaca kode.
·         Jumlah link dalam 1 halaman paling banyak 100 link . ini katanya ketentuan atau standarisasi google
·         Fresh content alias bukan copy-paste ,ini sih ..umum ya..
·         Tidak tukar-menukar link atau memasang link (iklan misalnya) dengan web yang konten-nya tidak berhubungan dengan web kita...
·         Menggunakan jasa perusahaan yang menjual jasa SEO Service yang menjanjikan ranking bagus di search engine atau di kenal dengan istilah cloaking, meskipun tidak di larang tapi beresiko juga bisa di banned oleh google ini karena sekarang banyak perusahaan SEO Service yang menerapkan metode-metode yang bertentangan dengan ketentuan google. termasuk jasa SEO-service gratis seperti yang suka kita temui dengan judul FREE SEARCH ENGINE SUBMISSIONS , ini juga perlu hati-hati apakah kita tahu perusahaan itu menggunakan metode yang salah atau tidak menurut google.
·         Kekuatan konten , di sinilah yang juga di anjurkan google yaitu untuk memikirkan konten-konten yang unik orisinil dan berkualitas sebagai sajian situs kita, dalam artian bisa berbentuk konten yang informatif sehingga di cari banyak orang menggunakan search engine ini ,sehingga konten anda akan di bawa pada peringkat yang baik di search engine google,

3.      Menerapkan teknik Keyword., dengan prinsip umum dasar : Orang masuk alam internet mau mau mencari apa? dan apa web kita menyediakannya, Jika web kita menyediakan-nya maka bila sudah menjalankan langkah no.2 di atas web kita akan ter-indeks dalam daftar pencarian orang yang mencari sesuatu itu di google ,tapi mungkin entah di halaman berapa, apa pada urutan paling buntut, bisa juga berada langsung pada halaman dan urutan pertama jika kebetulan yang di cari bener-bener spesifik dari sesuatu yang ada di web kita misalnya anda ketik sambel pete pake terasi akan ketemu free-7 blog pada halaman pertama ,nah di sinilah teknik di kembangkan supaya web kita punya peringkat yang lebih baik , caranya yang pernah saya terapkan sendiri adalah singkat dan sederhana saja: Yang pertama tentu setelah memasang sitemap atau meta tag lalu pasang keyword yang se-kompeten mungkin dari pokok konten web kita lalu submit blog kita di technorati dan feeburner ,lalu ping di pingoat.com, pingomatic.com, dan di technorati sendiri, ini saja sudah lebih dari cukup untuk sekedar mendapat nilai baik di google,

4.      Dan akhirnya setelah menerapkan 3 langkah dasar itu dengan benar maka lupakan SEO dan fokus pada faktor eksternal ,yang berhubungan dengan pengembangan kekuatan atau nilai konten dari web kita bagi kebutuhan para pencari informasi di internet, Masa anda akan terus-terusan bersibuk ria mengutak-atik keyword, meta tag , blog directory .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar